kabarkebumen.com

KABARKEBUMEN.COM

Kabarkebumen.com Mobile

Home »

Ekonomi

Angkat Produk Lokal, BUMDes Trimitra Gelar Pasar Obal Abel

Angkat Produk Lokal, BUMDes Trimitra Gelar Pasar Obal Abel
Sejumlah produk yang ikut dalam Pasar Obal Abel

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Potensi produk lokal di masing-masing desa di Kabupaten Kebumen begitu melimpah termasuk olahan produk makanan. Untuk lebih mengangkat potensi tersebut, asosiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Trimitra menggelar Pasar Obal Abel, Senin (19/2/2018) di Kecamatan Puring.

BUMDes Trimitra merupakan asosiasi BUMDes desa-desa di tiga Kecamatan yakni Puring, Petanahan dan Klirong. Sedikitnya ada 27 dari tiga kecamatan yang turut ambil bagian untuk memasarkan produk olahan baik makanan, minuman maupun bentuk kerajinan seperti sagon, natadecoco, dan lain sebagainya.

Pendamping desa di Kecamatan Petanahan, Masruri (23) mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mengangkat produk lokal dari setiap desa. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut surat edaran bupati tentang kewajiban ASN untuk membeli produk lokal dengan klasifikasi golongan tertentu.

Dijelaskan, Pasar Obal Abel merupakan singkatan dari Olahan Barang Lokal Ayo Belanja Lagi. Hal itu diharapkan menjadi spirit sekaligus motivasi agar produk lokal dapat bersaing dan lebih dikenal secara meluas di masyarakat. 

Adapun desa yang terlibat di Kecamatan Petanahan meliputi Desa Munggu, Karangreja, Kewangunan, Petanahan, Karanggadung, Tegalretno, Grogol beningsari, Grogol Penatus, Jagamertan, Tanjungsari, Grujugan, Nampudadi, Podourip, Tresnorejo, Karangduwur, Kebonsari.

Sementara Kecamatan Klirong meliputi Desa Klirong, Kedungwinangun, Kedungsari, Pandanlor, Gadungrejo, Tanggulangin, Gebangsari, dan Jatimalang. Untuk Kecamatan Puring meliputi Desa Karandegan, Sitiadi, dan Purwosari.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor : Setiyo
Sumber : kebumen.sorot
Tags
BUMDes
Berita Terkait

berita TERPOPULER


  • TENTANG KITA | PEDOMAN SIBER | IKLAN
    © 2013 - 2017. All Rights Reserved. KABARKEBUMEN.COM