kabarkebumen.com

KABARKEBUMEN.COM

Kabarkebumen.com Mobile

Home »

Kota Kita

Pemkab Kebumen Targetkan Pugar 6.144 RTLH

Pemkab Kebumen Targetkan Pugar 6.144 RTLH
ilustrasi

KEBUMEN, KABARKEBUMEN.COM - Pemkab Kebumen menargetkan memugar 6.144 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada 2018. Sehingga akhir 2018 Kebumen ada sedikitnya 19.733 RTLH selesai dipugar. Sisanya sebanyak 7.175 RTLH akan dituntaskan pada tahun 2019.

Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad, saat upacara bendera 17-an di lapangan Setda mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah bentuknya bantuan stimulan. Bantuan itu diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap keswadayaan dan gotong-royong masyarakat. "Program pemugaran RTLH menjadi perhatian serius. Harapannya peran serta seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha," kata Yahya Fuad, dalam upacara 17-an yang pertama kali digelar di tahun 2018.

Untuk itu, Bupati meminta kepada OPD dan semua pihak terkait agar melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik. "Berkoordinasi dan bersinergi, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan akan dapat mencapai maksud dan tujuan yang diharapkan. Masyarakat akan semakin terlayani, semakin sejahtera dan semakin bahagia," ujarnya.

Bupati meminta pembangunan yang berkelanjutan serta pembangunan RTLH dengan mempertimbangkan aspek lingkungan. Sehingga dapat menekan sekecil mungkin terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dapat menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat. "Selain juga menghindarkan terjadinya bencana, seperti banjir dan tanah longsor yang terjadi pada tahun-tahun lalu," ujarnya.

Dana Stimulan

Merujuk data base 2016, total RTLH di kabupaten berslogan "Beriman" mencapai 26.908 unit yang tersebar di 26 kecamatan. Berbagai program diberikan untuk memberikan bantuan untuk mengentaskan RTLH baik melalui APBD Kebumen, APBD Jawa Tengah mau pun yang bersumber dari APBN.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Dinas Perkim LH, Kun Pramono menjelaskan, pada APBD tahun anggaran 2018 melalui program Pembangunan Perumahan Masyarakat Kurang Mampu (P2MKM), Pemkab mengalokasikan bantuan untuk 2.254 unit. Setiap penerima diberikan dana stimulan sebesar Rp 10 juta.

Selain itu, bantuan juga berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Penyediaan Perumahan malalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) 383 unit dan DAK Perumahan Swadaya 669 unit. Sedangkan dari Dana Desa target tahun ini  bisa memugar 1.755 unit. Bantuan antara Rp 7,5-10 juta. 

"Kami juga mengajukan kepada pemerintah provinsi untuk 1.020 unit rumah, namun realisasinya masih belum tahu," tandasnya.

Kun Pramono menekankan bahwa 2019 Kebumen tuntas RTLH. "Bantuan pemerintah merupakan stimulan," katanya, sembari berharap bantuan itu memunculkan swadaya dari masyarakat.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor : Setiyo
Sumber : suaramerdeka
Berita Terkait

  • TENTANG KITA | PEDOMAN SIBER | IKLAN
    © 2013 - 2017. All Rights Reserved. KABARKEBUMEN.COM