kabarkebumen.com

KABARKEBUMEN.COM

Kabarkebumen.com Mobile

Home »

Politik

Sudirman Said Resmi Diusung Gerindra di Pilgub Jateng

kabarkebumendotkom - Prabowo juga memberikan tugas pada Pak Sudirman Said untuk mencari kandidat Wakil Gubernur Jateng yang kuat, membentuk organisasi pemenangan, dan memantapkan koalisi.

Sudirman Said Resmi Diusung Gerindra di Pilgub Jateng
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, 26 Oktober 2014. TEMPO/Subekti

kabarkebumendotkom - Prabowo juga memberikan tugas pada Pak Sudirman Said untuk mencari kandidat Wakil Gubernur Jateng yang kuat, membentuk organisasi pemenangan, dan memantapkan koalisi.

JAKARTA, KABARKEBUMEN.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan secara resmi pengusungan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebagai kandidat Gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2018. Keputusan itu diambil setelah melakukan konsultasi dan menjaring pendapat dari Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Gerindra dan tokoh-tokoh Jawa Tengah.

"Setelah kita rembuk akhirnya kita putuskan Jawa Tengah Partai Gerindra akan mencalonkan Sudirman Said sebagai calon Gubernur," kata Prabowo dalam konferensi pers di kediamannya, Kertanegara, Jakarta, Rabu (13/12).

Prabowo bercerita, ketika berkonsultasi dengan pimpinan Gerindra di Jawa Tengah, ada dua nama yang mengerucut, yaitu Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono dan Sudirman Said.

"Akhirnya saya memanggil Pak Ferry, kader, tapi saya katakan butuh Pak Ferry untuk tugas di tempat lain," akunya. 

Prabowo juga memberikan tugas pada Pak Sudirman Said untuk mencari kandidat Wakil Gubernur Jateng yang kuat, membentuk organisasi pemenangan, dan memantapkan koalisi.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan, Sudirman memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai pemimpin.

"Kami cari orang-orang yang dianggap terbaik yang bisa memimpin di daerah tersebut," ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/12).

Menurutnya, pengusungan Sudirman itu bukan kejutan. Gerindra disebutnya sudah menelisik pengalaman dan elektabilitas sebelum penetapan tersebut. Latar belakangnya sebagai mantan Menteri ESDM dan pimpinan di sejumlah organisasi juga menjadi salah satu pertimbangan Gerindra.

Di samping itu, Sudirman juga telah melakukan sejumlah sosialisasi soal rencananya maju sebagai cagub di Jateng.

"Kita punya calon-calon (lain) juga (untuk Pilkada Jateng), tetapi untuk Pak Sudirman termasuk yang sudah melakukan sosialisasi di Jateng," imbuh Fadli.

Gerindra, lanjutnya, akan tetap bekerja keras untuk memenangkan Sudirman meski kandidat yang diusungnya itu memiliki rekam jejak yang baik. Sebab, tetap ada dinamika politik di Jateng. 

Meski demikian, Fadli enggan berkomentar soal kompetitor Sudirman di Pilkada Jateng. Sebab, partai lain, seperti PDIP, belum mengumumkan sosok yang akan diusungnya.

Soal koalisi, Fadli menuturkan, Gerindra belum berencana menggandeng partai lain untuk berkoalisi. Namun, ia berharap beberapa partai yang dekat dengan Gerindra, seperti PKS dan PAN, dapat bergabung mendukung Sudirman.

"Koalisi nanti berikutnya. Mudah-mudahan begitu juga dengan yang lain (PKS dan PAN)," ujar dia.

Belum lama ini, Sudirman Said menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2018. 

Ia sebelumnya menjabat sebagai Ketua Tim Sinkronisasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Bersama tim relawan, dirinya mengaku telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik, baik di tingkat pusat hingga daerah. Ketika itu, menurutnya, parpol yang telah memberi respons positif adalah Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Ikuti kami di
Add Friend
Editor : Setiyo
Sumber : cnnindonesia
Berita Terkait

  • TENTANG KITA | PEDOMAN SIBER | IKLAN
    © 2013 - 2017. All Rights Reserved. KABARKEBUMEN.COM