kabarkebumen.com

KABARKEBUMEN.COM

Kabarkebumen.com Mobile

Home »

Kuliner

Singkong Goreng Akrabkan Sedulur Kebumen

Perbincangan pun jadi relaks dan cair meski anggota forum Sedulur Kebumen ada pejabat teras, Forkompinda, tokoh agama hingga pengusaha dan kaum muda.

Singkong Goreng Akrabkan Sedulur Kebumen
ilustrasi

Perbincangan pun jadi relaks dan cair meski anggota forum Sedulur Kebumen ada pejabat teras, Forkompinda, tokoh agama hingga pengusaha dan kaum muda.

KABARKEBUMEN.COM - AKRAB penuh kekeluargaan, dan sederhana. Tiga kata itulah barangkali tepat untuk suasana Halalbihalal atau Silaturahmi Sedulur Kebumen, forum informal warga lintas golongan di Benteng Vander Wijck Gombong, Rabu (26/7). Setiap bertemu saling bersalaman hangat. Kadang ditambah peluk cium dan rangkulan.

Perbincangan pun jadi relaks dan cair meski anggota forum Sedulur Kebumen ada pejabat teras, Forkompinda, tokoh agama hingga pengusaha dan kaum muda. Penuh kekeluargaan, karena setiap menggelar kegiatan biasanya spontan dan gethok tular. Para aktivis Sedulur Kebumen yang diwadahi dalam grup WhatsApp itu saling berkomunikasi informal merancang acara hingga menyusun anggaran.

Seperti acara halalbihalal itupun dibiayai secara bantingan dan patungan. Undangan misalnya, disumbang pengusaha percetakan Agan Suhari. Hidangan dan tempat disumbang oleh tokoh pengusaha Herwin Kunadi selaku tuan rumah dan pengelola Benteng Vander Wijck.

Herwin menjamu dengan nasi soto khas Gombong dan es buah. Pengusaha Sugeng Budiawan dari Karanganyar menyumbang nasi penggel, nasi khas Kebumen dengan sayur gori atau nangka muda dan kikil. Demikian pula hidangan ringan pun amat sederhana. Ada singkong goreng, ubi goreng serta tahu krakal.

Namun kesan hangat terasa sejak sebelum acara yang dihibur band Korpri Pemkab. Bahkan Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti di sela kesibukan menyempatkan hadir sesaat. Pun Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad sebelum bertolak dinas ke Jakarta menyempatkan memberi sambutan dan menyemangati Sedulur Kebumen.

Suka Bergaul

Anggota grup lain yakni Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav Suep dan Komandan Secata Dodik Gombong Letkol Inf Yudi Purwanto, Staf Ahli Bupati RAI Ageng Sulistyo Handoko, dan Kepala Kantor Jasa Raharja Erry JR. Di antara tokoh agama dan tokoh masyarakat ada Rektor IAINU Dr Imam Satibi MPdI, Ketua PDM Muhammadiyah Kebumen Muhammad Abduh Hisyam, Ketua LDII Birman.

Selain itu, ada dr Hasan Bayuni dari PKU Sruweng serta sejumalh tokoh lintas agama seperti Ketua KPUD Paulus Widiantoro, Bobyn Subiyanto, Hengki Halim dan beberapa tokoh lain. Pendeta Riyon didapuk memberi selamat mewakili tokoh nonmuslim.

Imam Satibi menyampaikan ikrar silaturahmi menyitir hasil penelitian di Amerika Serikat bahwa orang yang terbuka dan terbiasa silatuarahmi, rajin bergaul dan bergaya hidup inklusif memiliki usia harapan hidup lebih tiga kali dibanding orang yang ekslusif.

Imam juga menyebutkan Sedulur Kebumen sebagai sebuah paguyuban yang elaboratif serta mampu merangkul semua potensi masyarakat dari berbagai kalangan, lintas agama, lintas golongan serta lintas profesi tanpa sekat. “Saya bangga menjadi bagian dari Sedulur Kebumen ini,’’ tandas Imam.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor : Budi
Sumber : suaramerdeka
Tags
singkong
Berita Terkait

  • TENTANG KITA | PEDOMAN SIBER | IKLAN
    © 2013 - 2017. All Rights Reserved. KABARKEBUMEN.COM